Minggu, 11 September 2011

HABIB ABDUL QADIR BIN AHMAD ASSEGAF (Al Quthub, Jeddah)


Al Allamah Arifbillah Al Quthub Al Habib Abdul Qadir bin Ahmad bin Abdurrahman bin Ali bin Umar bin Saggaf bin Muhammad bin Umar bin Thoha Assegaf dilahirkan di Seiwun, Yaman oleh seorang wanita mulia berdarah suci, Syarifah Alwiyah binti Ahmad bin Muhammad Al Jufri pada bulan Jumadil Akhir tahun 1331 H. Nama Abdul Qadir ini adalah pemberian dari Yang Mulia Al Allamah Arifbillah Al Imam Al Habib Ali bin Muhammad Al Habsyi (Shahib Simthuddurar). Diantara keistimewaan beliau saat bayi adalah, setiap satu jam sekali beliau dibangunkan oleh ayahnya, dan dituntun membaca Syahadat, sehingga kalimat pertama yang keluar dari mulut beliau ketika beliau mulai berbicara, adalah kalimat Syahadat.

Habib Abdul Qadir masih berusia 25 tahun ketika ayahnya wafat. Ayahnya itu wafat pada hari Sabtu sore, tanggal 4 Muharram 1357 H setelah menunaikan shalat Ashar. Sedangkan ibundanya wafat pada tanggal 29 Rajab 1378 H, bertepatan dengan wafatnya Al Allamah Arifbillah Al Musnid Al Habib Salim bin Hafidh BSA (kakek Habib Umar bin Hafidh BSA).

Pertama kali beliau belajar kepada ayahandanya, hingga pada usia dini beliau telah memahami dasar-dasar agama. Beliau kemudian melanjutkan belajarnya ke Ulmah Thoha, sebuah Rubath yang didirikan datuknya, Habib Thoha bin Umar Assegaf di Seiwun. Guru beliau ketika belajar di Rubath Ulmah Thoha adalah Syaikh Thoha bin Abdullah Bahmid. Setelah itu beliau belajar Al Quran dan Qiraah Sab’ah kepada Syaikh Hasan bin Abdullah Baraja di Madrasah Nahdhatul Ilmiyyah, sehingga beliau mampu menguasai dan menghafal keduanya. Karena keistimewaan beliau dibanding murid-murid lain, dalam waktu singkat beliau telah diangkat oleh gurunya untuk menjadi staff pengajar di Madrasah Nahdhatul Ilmiyyah.

Keadaan negeri Yaman yang kala itu dikuasai oleh Komunis memaksa beliau dan beberapa ulama lainnya hijrah. Pertama kali beliau hijrah ke Aden pada tahun 1393 H. Disana beliau disambut dengan hangat dan diminta untuk membuka majelis ilmu disana. Setelah dari Aden, beliau bertolak menuju Singapura, dan disana pun beliau disambut dengan suka cita serta membuka majelis-majelis ilmu. Pada bulan Juli 1974 M (1393 H), beliau singgah di Jakarta dan mengunjungi beberapa ulama besar disana, diantaranya kepada Al Allamah Arifbillah Al Habib Ali bin Abdurrahman Al Habsyi (Habib Ali Kwitang). Dari Jakarta kemudian menuju Surabaya, disana pun beliau berziarah kepada ulama-ulama dan mendirikan majelis ilmu.

Pada tahun yang sama, beliau terbang menuju Arab Saudi. Disana beliau memperdalam ilmu agama kepada ulama-ulama, diantaranya kepada Mufti Maliki saat itu, manusia mulia guru yang sangat dicintainya, saking cintanya beliau kepada gurunya itu, sampai-sampai beliau menggubah sebuah Qashidah untuk menyanjungnya, guru mulia tersebut adalah Al Allamah Arifbillah Shahibul Fatawa Al Imam Assayyid Alwi bin Abdul Aziz Al Maliki Al Hasani, ayah dari Abuya Maliki. Kemudian beliau menetap di kota Jeddah hingga akhir hayatnya. Selain kepada ulama-ulama diatas, Habib Abdul Qadir juga belajar kepada ulama-ulama besar di zamannya, diantaranya kepada :

  1. Habib Umar bin Hamid Assegaf
  2. Habib Umar bin Abdul Qadir Assegaf
  3. Habib Abdullah bin Idrus Alaydrus
  4. Habib Abdullah bin Alwi Al Habsyi
  5. Habib Husain bin Abdullah Al Habsyi
  6. Habib Abdu Baari bin Syaikh Alaydrus
  7. Habib Muhammad bin Hadi Assegaf
  8. Habib Abdullah bin Umar Assegaf
  9. Habib Hasan bin Ismail BSA 
  10. Habib Hamid bin Alwi Al Baar

Adapun diantara murid-murid beliau yang termasyhur adalah :

  1. Sayyid Muhammad bin Alwi Al Maliki Al Hasani
  2. Habib Zain bin Ibrahim Bin-Sumaith
  3. Habib Salim bin Abdullah Asy Syahthiri (Sulthanul Ulama)
  4. Habib Umar bin Hafidh BSA
  5. Habib Abu Bakar Al Adani bin Ali Al Masyhur
  6. Habib Abu Bakar bin Hasan Al Attas
  7. Habib Ali Zainal Abidin Al Jufri

Demikian Habib Abdul Qadir menghabiskan seluruh hidupnya untuk menyebarkan benih ilmu dan akhlak datuknya, Rasulullah SAW ke seluruh penjuru dunia. Hingga pada saat Allah menghendaki yang dikehendaki-Nya, wajah dunia mendadak muram pada Shubuh hari Ahad, tanggal 19 Rabiul Akhir 1431 H (4 April 2010 M), ketika beliau yang agung wafat menghadap Allah dan Rasul-Nya. Beliau wafat dalam usianya 100 tahun. Jenazah beliau dimakamkan di Jannatul Ma’ala setelah shalat Isya.

13 komentar:

  1. Habib Abdulkadir bin Ahmad Asseqaff merupakan tauladan bagi kita semua. Saya hanya bisa mengucapkan Masya Allah. Semoga Allah memperbanyak orang-orang seperti dia. Amin.

    BalasHapus
  2. Salam saudara Penulis, saya hanya inginkan kepastian adakah keturunan Habib Abdul Qadir bin Ahmad iaitu moyang beliau Umar bin Thoha Assegaf ada kaitan dengan Habib Abdurrahman Asshofi Assegaf bin Thoha Assegaf? Saya ingin mengetahui lebih lanjut mengenai salasilah para Habib. Nama saya Shariff Ismail Alif bin Shariff Abdul Rahman. Saudara boleh menghubungi saya menerusi email bam137@yahoo.com. Harap saudara dapat membantu saya walau sedikit maklumat pun. Terima kasih.

    BalasHapus
  3. رب فانفعنا ببركتهم
    واهدنا الحسنى بحرمتهم
    وامتنا فى طريقتهم
    ومعافة من الفتن

    BalasHapus
  4. Assalamu'alaykum wr.wb... Ya Akhi, saya mohon ijin sharing postingan Antum ttg manaqib Habib Abdul Qadir Assegaf diatas, semoga Antum ridho & semoga keridhoan Antum berbagi mendapat pahala yg besar disisi Allah SWT, Amin ya Robbal'alamin...
    Wassalamu'alaykum wr.wb..

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Shubahanallah semoga Allah meridhoi nya. Aamiin

    BalasHapus
  7. Boleh tau siapa saja putra2 beliau..?
    Sukron..

    BalasHapus
  8. Semoga mendapatkan berkah beliau dunia dan akhirat,Amun7X..

    BalasHapus
  9. اللهم صل علی سيدنا محمد وعلی ال سيدنا محمد

    BalasHapus